Selamat Datang, Sugeng Rawuh, Ahlan Wasahlan, Welcome, 환영, bienvenida, स्वागत, 歓迎

Rabu, 26 September 2012

Fungsi dan Perbandingan RAM DDR, DDR2 dan DDR3

Selamat pagi sahabat vcomrajawali yang saya sayangi, setelah beberapa lama tidak update postingan karena suatu hal yang sulit di ungkapkan hehehe...kali vcomrajawali ingin sedikit berbagi mengenai perbandingan RAM komputer.

Sebagai pengguna komputer tentu kita pernah mendengar istilah RAM (Random Access Memory), salah satu hardware ini berfungsi sebagai penopang transfer rate data dan dia bersifat sebagai penyimpan memori sementara untuk di tampilkan kepada user. seperti kita ketahui dalam sebuah komputer satu perangkat dengan perangkat yang lain selalu berkaitan atau tidak dapat berdiri sendiri.

Nah...banyak sekali jenis RAM saat ini, namun yang lebih tenar di telinga kita adalah jenis DDR, DDR2 dan DDR3. dari beberapa sumber menerangkan bahwa :

DDR (Double Data Rate) RAM memiliki frekuensi transfer sekitar 200 MHz sampai 400 MHz, memiliki memory clock antara 100-400 MHz, dengan voltase 2,5/2,6 V.
Sedangkan DDR2 RAM memiliki frekuensi transfer antara 400 MHz sampai 1066 MHz. serta memerlukan voltase 1,8 V.
Dan yang terakhir adalah DDR3, memeiliki frekuensi transfer sampai 2133 MHz, memory clock antara 100-300 MHz, dengan voltase yang hanya 1,5 V

Dari beberapa jenis RAM tersebut memiliki kecocokan terhadap Motherboard yang berbeda pula, karena itu jika ingin upgrade harus di sesuaikan dengan slot RAM-nya juga. semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts